assalamungalaikum.
Telah hadir untuk melayani anda semua, LAUNDRY EXPRES DELIVERY dengan pelayanan yg ramah dan sopan untuk membantu aktifitas anda yg sangat sibuk dan tidak punya waktu untuk mencuci pakaian anda di rumah maupun kantor.
Siap terima laundry antar jemput untuk daerah cikarang dan jababeka.
Tarif Dan Promo:
Economy - 3 hari - 6.000
Regular - 2 hari - 7.000
Express - 1 hari - 8.000
Setrika saja - 4.000
Dapatkan potongan harga untuk 10X cuci, GRATIS 1kg
contac person: 08971346522
sebutin:
NAMA :
ALAMAT/POSISI :
PAKET :
NO. HP :
posisi Laundry expres delivery
kp. Pasir Konci desa Pasir Sari Cikarang Selatan
Kwalitas Terjamin
Sabtu, 26 Oktober 2013
Sabtu, 05 Oktober 2013
makalah akuntansi
BABI
PENDAHULUAN
A. latar
belakang
Dengan pesatnya kemajuan teknologi
pada saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah.Dewasa ini
terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan
manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.Jadi secara
langsung maupun secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi
adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.Seperti program
aplikasi Microsoft Office, program ini sangat membantu mereka para pekerja
kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi.Salah satu bagian dari
Microsoft Office adalah Microsoft Office Excel atau disebut juga Lembar
Sebar.Program aplikasi pengolah angka ini memudahkan kita untuk melakukan
perhitungan serta mengolah databerupa angka yang ada dalam tabel.Dalam Microsot
Office Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masingnya
memiliki kegunaan tersendiri.
B. Tujuan
Setelah mempelajari makalah ini,
pembaca diharapkan untuk dapat :
1.
Memahami cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak
Microsoft Office Excel.
2. Mengoperasikan
fungsi menu-menu lembar sebar
3. Mengoperasikan
menu-menu editing lembar sebar.
4. Menggunakan rumus
dan fungsi pada lembar sebar
5. Mengoperasikan
perintah cetak pada lembar sebar
6.
Mampu menggunakan/mengaplikasikan penggunaan Microsotf Office Excel dalam
kehidupan sehari-hari.
E. Manfaat
Setelah mempelajari modul ini, peserta
didik diharapkan untuk dapat
1.
Memahami cara mengoperasikan lembar sebar
2. Menghindari
kesalahan editing dalam pengoperasian lembar sebar;
3. Mengoperasikan
fungsi menu-menu yang ada pada lembar sebar;
4.
Menggunakan rumus dan fungsi mencetak hasil pengolahan lembar sebar.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengenalan
Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office
Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan
didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft
Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik
yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif,
menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer
digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini
merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik
di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS,
semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian
dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office
Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .
Microsoft Excel merupakan perangkat
lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,
penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat
lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan
administratif mulai yang paling sedernaha sampai
yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya
membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan
perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan
menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan,
tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan
yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang
memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan
grafik data pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika
pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat
memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan
lebih mudah.
B. Kelebihandan
Kekurangan Microsoft Excel Excel 2007
hadir dengan tambahan berbagai
fasilitas sehingga lebih sempurna dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fitur
baru tersebut antara lain adalah desain jendela (interface) Excel, jumlah baris
dan kolom lebih banyak, format file baru, penulisan formula lebih mudah.Office
Themes dan Excel Styles, pengurutan dan penyaringan data didesain lebih
canggih, tampilan grafik yang lebih variatif, PivotTable lebih mudah digunakan
dan sebagainya. Perhatikan sebagian ilustrasi berikut ini,
1.
Jumlah kolom yang tersedia di Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai dari
kolom A hingga berakhir di kolom XFD, versi sebelumnya hanya 256 kolom.
Serta baris dalam Excel 2007 sebanyak 1.048.576 yang dimulai dari baris 1
dan berakhir di baris 1.048.576, versi sebelumnya 65.536.
2. Pada Excel 2003,
jumlah sel sekitar 16 juta, tapi pada Excel 2007, jumlah sel mencapai 17
miliar.
3. Memori yang
digunakan di dalam komputer, saat ini dapat sampai batas maksimal yang berlaku
di Microsoft Windows, sebelumnya hanya 1 megabyte.
4. Jumlah warna unik
dalam sebuah workbook dapat mencapai 4.3 milyar, sebelumnya hanya 56.
5. Jumlah kondisi pada
fasilitas format kondisional, Excel versi terbaru ini hanya dibatasi oleh
kapasitas memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.
6. Jumlah level pada
fasilitas Sort atau pengurutan data, saat ini sampai 64 level, bandingan dengan
versi sebelumnya yang hanya 3 level.
7. Jumlah daftar pada
menu drop-down dalam fasilitas Filter bisa mencapai 10.000, sebelumnya hanya
1.000.
8. Maksimal jumlah
karakter dalam sebuah formula diperbolehkan sampai 8.000, sebelumnya hanya
1.000 karakter.
9. Jumlah maksimal argumen
pada fungsi, versi terbaru ini membolehkan sampai 255 argumen, sebelumnya hanya
30 argumen.
10. Maksimal jumlah item
yang dihasilkan dari perintah Find, kini mencapai 2 Milyar, sebelumnya hanya
64.000.
11. Jumlah baris yang
diperbolehkan di dalam sebuah PivotTable, saat ini mencapai 1 Juta baris lebih,
sebelumnya hanya 64.000.
12. Jumlah kolom yang
tersedia pada versi baru ini adalah 16.000 kolom, sebelumnya hanya 255 kolom.
13. Jumlah field pada
PivotTable dapat mencapai 16.000, sebelumnya 255.
14. Excel 2007 format yang
paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada
fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel.
Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik
lainnya.
15. Dengan memanfaatkan
fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa mengkontrol identitas responden untuk
keperluan transfer informasi antar tabel, antar sheet atau antar file excel.
16. dengan Pivot Tables,
kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa
kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk
otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri. Ini
sangat berguna, kecuali kita jago membuat syntax dan saya yakin banyak orang
yang tidak hobby main syntax.
Kelemahan tentu Ada dan ini menjadi perhatian extra untuk menjaga
kualitas pengolahan data. Beberapa kelemahan Excel 2007 adalah:
1.
Pivot tabel yang menyertakan banyak kolom/pertanyaan menghasilkan tabel
berupa crosstab atau nested atau tersarang, banyak orang belum mampu membuat
tabel dalam 1 pivot yang stack atau berjajar. Jadi mau tidak mau membuat 2
tabel pivot untuk masing-masing pertanyaan/kolom. Kendalanya adalah kita harus
memperhitungkan jumlah kategori jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot
otomatis akan menggunakan kolom dan baris baru ke samping/kebawah sehingga jika
di samping atau dibawah ada tabel pivot lain, maka akan error.
2. Untuk tabel yang
besar dengan ukuran file lebih dari 10MB, maka setiap editing/updating data,
maka secara default excel akan melakukan proses Workbook Calculating yang
kecepatannya tergantung dari processor dan ram komputer. Ini cukup memakan
waktu pengolahan data. Tetapi kendala ini bisa dipecahkan dengan mematikan
proses calculating otomatis menjadi Calculating Manual artinya calculating akan
dilakukan setiap kita akan save file excel tersebut. Cara ini cukup efektif
dilakukan dengan resiko jika file tertutup tidak sengaja atau komputer mati
tiba-tiba kita bisa kehilangan data kita. Caranya klik tombol office > Excel
Options > Formulas > Calculation Options, pilih Manual dan Recalculate
Workbook before saving
3.
Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah
kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat
rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak
suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan
filter atau pengkategorian jawaban baru.
C. Istilah-Istilah
Excel 2007
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara
otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik
dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan
permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks.Permasalahan
sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi
namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Contoh permasalahan
yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang
memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau
pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah
laporan.untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan
di bawah ini :
Istilah-istilah
dalam Excel
a. Cell : merupakan
bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255
karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3,
cell D5.
b. Worksheet (lembar
Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
c. Workbook (buku
kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet
256)
d. Range : merupakan
sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan.
Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell
sudut kanan bawah.Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
e. Alamat Relatif :
merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan
berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5
berubah menjadi B8*6f. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang
dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan
berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5
menjadi $A5*7g. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan
dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan
alamat absolut pada formula bar.
Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula
pada C3 menjadi $A$1*5h. Name Box : menunjukkan pada cell/ range
yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama
disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7D. Menggerakkan Penunjuk
Sel (Cell Pointer)Cell Pointer berfungsi untuk penunjuk sel aktif. Yang
dimaksud dengan sel aktif ialah sel yang akan dilakukan suatu operasi tertentu.
Untuk menggerakan ponter dengan Mouse dapat dilakukan dengan meng-klik sel yang
diinginkan.Untuk sel yang tidak kelihatan kita dapat menggunakan Scroll Bar
untuk menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan lalu klik sel
tersebut.Untuk kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan keyboard.
Berikut daftar tombol yang digunakan
untuk menggerakan pointer dengan keyboard:
Tombol Fungsi ← ↑ → ↓ Pindah satu sel ke kiri,
atas, kanan atau bawah Tab Pindah satu sel ke kanan Enter
Pindah satu sel ke bawah Shift + Tab Pindah satu sel ke kiri
Shift + Enter Pindah satu sel ke atas Home Pindah ke
kolom A pada baris yang sedang dipilih Ctrl + Home Pindah ke sel
A1 pada lembar kerja yang aktif Ctrl + End Pindah ke posisi sel
terakhir yang sedang digunakan PgUp Pindah satu layar ke atas PgDn
Pindah satu layar ke bawah Alt + PgUp Pindah satu
layar ke kiri Alt + PgDn Pindah satu layar kekanan Ctrl + PgUp
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar berikutnya Ctrl +
PgDn Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar
sebelumnya.Jenis Data pada Cell
1.
Konstanta, terdiri dari 4 jenis type data yakni :
a. Character : semua
huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukanperhitungan yakni
A-Z, a-z, dan 0-9
b. Numeric : angka yang
dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni 0-9
c. Date : data
tanggald. Time : data waktu
2.
Formula seperti rumus yang selalu diawalidengan tandasamadengan(=)atau
tandatambah(+).
BABIII
BEKERJA DENGAN MICROSOFT EXCEL 2007
A.Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007.
1.
Row Heading (Nomor Baris)Row Heading (Kepala garis), adalah penunjuk
lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Row Heading juga berfungsi sebagai
salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Jumlah baris
yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65.536 baris.
2. ColumnHeading (Nomor
Kolom)Column Heading (Kepala kolom), adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar
kerja yang aktif. Sama halnya dengan Row Heading, Column Heading juga berfungsi
sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Kolom di
simbol dengan abjad A – Z dan gabungannya. Setelah kolom Z, kita akan menjumpai
kolom AA, AB s/d AZ lalu kolom BA, BB s/d BZ begitu seterus sampai kolom
terakhir yaitu IV (berjumlah 256 kolom). Sungguh suatu lembar kerja yang sangat
besar, bukan.(65.536 baris dengan 256 kolom).
3. Cell Pointer (Cell
Aktif)Cell Pointer (penunjuk sel), adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah
perpotongan antara kolom dengan baris. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan
baris. Contoh. Sel A1 berarti perpotongan antara kolom A dengan baris1.
4. Formula Bar
(Fungsi)Formula Bar, adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan
kita gunakan nantinya. Dalam Microsoft Excel pengetikkan rumus harus diawali
dengan tanda ‘=’ . Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat pada
sel A1 dengan B1, maka pada formula bar dapat diketikkan =A1+B1 .
5. HelpBila kita ingin
bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel
akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6. Judul menampilkan
judul program dan dokumen aktif atau nama file darilembar kerja yang aktif.
7. OfficeButtonBerisi
barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat
dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish
dokumen.
8. Akses Cepat Toolbar
(Quick Access Toolbar)Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk
mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnyamenyimpan, mencetak dan
sebagainya.
9. ToolbarMerupakan
deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk
mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
10. Help- Bila kita
ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms
Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
11. LembarKerja(Workbook)Baris
ini berisikan informasi halaman, section, letak
insertion point dan tombolpengendali.B. Memulai DokumenPada sub bab
ini, kitaakan membuatdokumensebagai contoh pengelolaan datasederhana.
Dari contoh pengelolaan data sederhana kita
akan belajar tentang cara pengetikandi excel,
alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dancell, dan memanfaatkan
fasilitas Autofill.
Berikut contoh pengelolaan data yangpertama sepertipada Gambar
dibawah.Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja adalah sebagai
berikut:
1.
Buat Judul dan Sub Judul Laporan.
a. Arahkan kursor pada
Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan“Daftar Unit Kerja”
pada Cell aktif tersebut.
b. Kemudian
ketikkan sub judul laporan pada Cell A3, A4, A5, D4
danD5
c. Buat data
tabel pada Laporan dengan memulai pengetikan pada A7 sampai
F7 untuk judul tabel dan A8, A9, B8, B9, dst untuk data pada tabel.
2. Penggunaan
alignment, format font dan format Cell
a. Untuk membuat
Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka
arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1 sampai F1.
Kemudianklik tombol Merge Cell agar judul laporan terletak
ditengah-tengah tabel.
b. Agar huruf
pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan
kursor pada cell kemudian klik tombol Bold atau dapat juga
melakukan format font lainnya seperti underline atau italic.
3. Penggunaan
AutoFillPada kolom No, KODE dan NAMA UNIT dapat digunakanAutofill
agarlebihcepat dalam memasukkan data yang berulang. Fasilitas ini diaktifkan
ketika kotak hitam kecil yang disebut fill handle digeser di atas cell-cell
baru.Fillhandleberadadiujungkananbawahcellaktif ataurange cellyang
dipilih.Ketika menempatkanpointer cell di atasfill handle, pointer cell berubah
menjadi tanda tambah,menunjukkanbahwa
fasilitasAutoFilltelahdiaktifkanUntukmembuat.Serilabel,angka, atau
tanggal,geserlah pointer di atas cell-cell yang ingindiisi denganinformasi,
lalu lepaskan tekanantombolmouse.
4. Pada Kolom NO dan
KODE, Autofill digunakan untuk membuat seri number secara terurut
sedangkan pada kolom Nama Unit digunakan untuk mengcopy data
yang sama ke beberapa cell secara cepat. Selanjutnya lengkapi data table
5. Penggunaan format
Tabel dan Cell.
a. Microsoft Excel
menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti
memberi border, warna border, warna cell dan style font dengan klik tombol
format table seperti ini , kemudia akan muncul pilihan style format tabel
sepertiberikut ini.
b. Kita juga dapat
melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak
menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. arna cell, kita juga
dapat melakukan number format cell jika isi cell berupa numeric misalnya
number format menggunakan comma, percent.
B.Menyimpan DokumenUntuk menyimpan dokumen klik Save
Maka akan terjadi salah satu dari 2
hal berikut :
Apabila file belum pernah disimpan,
Word akan menampilkan kotak dialog Save As seperti dibawah. Dan apabila
sebelumnya file pernah disimpan dengan nama yang sama, maka Word akan menyimpan
file dan mengembalikan tampilan ke layar dokumen.Untuk memberi nama pada
file ketikkan nama yang diinginkan dalam kotak File name, lalu
tekan tombol Save.
Apabila kita ingin menyimpan file yang
pernah disimpan.D. Penggunaan RumusdanFungsiRumus dan fungsi
dalam Excel mempunyai pengertian yang
berbeda, rumus berupa instruksi matematika dalam suatu
sel/range dalam lembar kerja dengan operator aritmatik seperti : +,-, ,/,* dan
^. Sedangkan Fungsi merupakan rumus siap pakai yang digunakan sebagai alat
bantu dalam proses perhitungan. Excel menyediakan ratusan fungsi siap pakai
diantaranya fungsi tanggal dan waktu, matematika dan trigonometri, finansial,
statistik, lookup dan referensi, database, teksdanlain-lain.
1. Menggunakan Rumus
(Formula)Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel ,
karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan
rumus dan fungsi. Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat
urutan dari operator ini,dimulai dari pangkat(^),kali(*),ataubagi(/),tambah(+)atau
kurang (-)
2. Menggunakan Fungsi
sebenarnya adalah rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel, yang akan
membantu dalam proses perhitungan. kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan
kebutuhan. Pada umumnya penulisan fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik
berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range.Argumen ini harus ditulis
dengan diapit tanda kurung (-).
Berikut beberapa Fungsi yang sering digunakan:
a.
a.FungsiAverageFungsiinidigunakanuntuk mencari nilai rata-rata
darisekumpulandata(range).Bentukumum
Penulisannyaadalah=AVERAGE(number1,number2,…)dimana number1, number2, dan
seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya.
b. b.Fungsi Logika
IFFungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu.
Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai
0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operatorrelasi(pembanding)sepertiberikut:
Lambang Fungsi =Sama dengan <Lebih kecil dari >Lebih besar
dari <=Lebih kecil atau sama dengan
c. >=Lebih besar
atau sama dengan <> Tidak sama dengan.
d. Fungsi MaxFungsi ini
digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk
umum penulisannya adalah =MAX(number1,number2,…)dimana number1, number2, dan
seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya.
e. Fungsi MinSama
halnya dengan fungsi max, bedanya fungsi min digunakan untuk mencari nilai
terendah dari sekumpulan data numerik.
f. Fungsi SumFungsi SUM
digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum
penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1,number2,…)Dimana number1, number2 dan
seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan.
g. Fungsi LeftFungsi
left digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu
teks. Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars) Dimana text adalah
data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kiri, num_chars adalah
jumlah karakter yang akan diambil.
h. Fungsi MidFungsi ini
digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian tengah dari suatu teks.
Bentuk umum pemakaian fungsi ini adalah =MID(text,start_num,num_chars)Artinya
mengambil sejumlah karakter mulai dari start_num, sebanyak num_char.
i. FungsiRightFungsi
ini merupakan kebalikan dari fungsi left, kalau fungsi left mengambil sejumlah
karakter dari sebelah kiri, maka fungsi mengambil sejumlahkarakterdari sebelah
kanan teks.Bentuk umum penulisannya adalah =RIGHT(text,num_chars)Dimana text
adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kanan,
num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
j.
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel secara
horizontal (VLOOKUP) atau secara vertikal (VLOOKUP).
Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah : =HLOOKUP(Lookup_value,
Table_array, Row_index_num,…) =VLOOKUP(Lookup_value, Table_array,
Col_index_num,…) Dari rumus diatas, dapat dilihat bahwa bedanya hanya pada
nomor indeksnya saja, kalau kita pakai HLOOKUP, maka digunakan nomor indeks
baris (Row_index_num), tapi kalu pakai VLOOKUP digunakan nomor indeks kolom
(Col_index_num).
C.Convert Texs to Columns
Terkadang kita ingin memisahkan dua buah kata yang tadinya berada dalam
satu cell menjadi dua cell atau lebih. Kita dapat menggunakan Convert
Text to Columns untuk memisahkan dua buah kata yang terpisahkan oleh koma,
spasi, tab, dan lainnya. Cara :Ketiklah “pengantar komputer” dalam sebuah
cell.Text to ColumnsPilih tab DATA Kemudian akan muncul window seperti berikut
:
Delimited dipilih jika dua buah kata tersebut dipisahkan oleh koma atau
tab.
Fixed Width untuk mengeset data terpisah dengan ukuran tertentu.Setelah
finish, kita akan mendapatkan pengantar dan komputer berada pada cell yang
berbeda.
D.Menggunakan Grafik
Salah satu fungsi unggul dalam Ms Excel 2007 adalah grafik dimana dapat
melihat hasil tabel diubah menjadi ke dalam grafik dengan cepat.
BABIV
PENUTUP
A.Kesimpulan
Microsoft Excel atau Microsoft Office
Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan
didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft
Windows dan Mac OS.Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik
yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif. Selain
meng-calculation dengan menggunakan penggunaan Rumus dan Fungsi, Microsoft
Excel 2007 juga dapat membuat data tabel yang bila di-print akan menghasilkan
hasil yang sama seperti pada Microsoft Word 2007. Kita juga bisa membuat Header
dan Footer pada lembaran kita, dan juga kita bisa membuat sebuah
grafikdataotomatis.
B.Saran
Makalah Microsoft Excel 2007 ini masih
jauh dari kesempurnaan. Karena itu ,saya menerima kritikan, masukan, dan saran
seputar materi yang disajikan dalam makalah ini. saya harap, segala saran dan
masukan akan menjadi pengayaan untuk membuat makalah selanjutnya
Terima order Pembuatan Makalah/Proposal/Tabel Laporan/Data akuntan dan tugas2 lain yg bersangkutan dengan kuliah dan pekerjaan.
trimakasih, bisa hub: 08971346522 Atas nama Galuh Yasin Mubarok, CSE
Langganan:
Postingan (Atom)